Yang Muda, Yang Bangga Indonesia

Berkibarlah bendera negeriku
berkibarlah engkau didadaku
tunjukanlah kepada dunia
semangatmu yang panas membara

Daku ingin jiwa raga ini
selaras dan keanggunan
daku ingin jemariku ini
menuliskan kharismamu

Berkibarlah bendera negeriku
berkibar di luas nuansamu
tunjukanlah kepada dunia
ramah tamah budi bahasamu

Daku ingin kepal tangan ini
menunaikan kewajiban
putra bangsa yang mengemban cita
hidup dalam kesatuan

Cipt : Gombloh

Mari kita simak bersama lagu “Berkibarlah Bendera Negeriku” ciptaan Gombloh di atas. ’Betapa daku ingin menuliskan kharismamu wahai Indonesiaku, karena memang inilah kewajibanku’, karena sadar atau tidak, di pundak anak bangsalah masa depan negeri ini dipertaruhkan.

Maka dari itu wahai para pemuda dan pemudi Indonesia, para mudaers, dan para pembaca Kompetisi Website Kompas MuDA – KFC, sudah bukan jamannya lagi berkata “Alah cuma Indonesia…, namanya juga Indonesia sudah pastilah tidak bisa (bla, bla, bla)…”. Wahai para anak negeri, jaman sudah berganti, saatnya kita bangga dengan negeri sendiri, karena kalau bukan kita, siapa lagi yang akan bangga dengan Indonesia? Betul tidak?

Namun, sekarang tentu muncul pertanyaan di benak para pembaca semua. Lalu “Apa yang bisa membuat aku bangga dengan Indonesia?”. Tak sulit untuk menemukan jawabannya dan Indonesia sendiri pun menjawab : “Betapa banyak yang aku punya untuk bisa membuatmu bangga dengan negerimu, Indonesia”.

berbagai keunikan asli Indonesia (bukan hasil karya negara lain tentunya) dan berbagai prestasi bergengsi yang diraih para anak negeri ini di tingkat dunia menjadi bukti bahwa kita semua patut bangga dengan negeri ini.

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah ‘mengenal Indonesia’, dan itulah yang akan diungkap dalam artikel ini, karena ada pepatah berkata “Tak kenal, maka tak sayang”. Bagaimana akan bangga jika mengenalnya saja tidak? Mari kita mulai dengan mengenal ‘Siapa Indonesia?’ Let’s check it out!

Indonesia merupakan salah satu negara yang dilewati oleh garis khatulistiwa, diapit oleh dua benua yaitu Asia dan Australia, serta diapit oleh dua samudera yaitu Samudera Hindia dan Pasifik. Negeri ini adalah sebuah kepulauan terbesar di dunia dengan lebih dari 17.000 pulaunya terhampar luas bak permadani hijau nan indah. Tidak hanya itu, Indonesia adalah negara dengan penduduk terbesar keempat di dunia sekaligus sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar pertama di dunia. Indonesia pun merupakan salah satu negara penting dalam hal perdagangan antarnegara sejak abad ke-7 masehi, lalu masih ingatkah kita dengan perjuangan para pahlawan untuk mendapatkan kemerdekaan yang kita nikmati sekarang ini? Setelah dijajah selama lebih dari 3,5 abad, dengan bermodalkan semangat yang membara, Indonesia, negara yang kita diami ini akhirnya dapat mengibarkan bendera merah putih sebagai lambang bebasnya negeri ini dari penjajahan dan keterpurukan pada tanggal 17 Agustus 1945 yang setiap tahun selalu kita peringati bersama sebagai Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia tercinta ini.

Mari kita renungkan bersama? Jika kita simak baik-baik, tentu tidak semua bangsa dapat lepas dari sebuah keterpurukan yang teramat sangat layaknya Indonesia. Jadi, satu hal yang patut dibanggakan dari Indonesia adalah semangat para pemuda Indonesia dalam membela negeri ini dan melawan para penjajah alias ’Londo-Londo” (kata orang Jawa). Tentu tak sekedar bangga bukan? Namun, Indonesia menantikan aksi-aksi kita semua dalam mempertahankan negeri ini agar Sang Merah Putih dapat selalu berkibar di negeri dan di hati. Jadi, sekaranglah saatnya beraksi wahai para pemuda Indonesia! More

Indonesia Pujaanku, Kebanggaanku

Dalam ajang Kompetisi Website Kompas MuDA – KFC ini aku ingin menceritakan tentang sebuah pengalaman berharga buatku. Pengalaman yang tak akan kulupakan seumur hidupku, karena buatku ini bukan pengalaman berharga, dan menjadi inspirasi dalam langkah hidup yang harus kujalani.

Para mudaers dan para Kompetisi Website Kompas MuDA – KFC tentu sudah hafal dengan lagu Indonesia Raya ciptaan WR. Supratman yang menjadi lagu kebangsaan sekaligus lagu kebanggaan bagi kita semua. Tapi pernahkan kita mencoba memahami makna dan memasukkannya ke dalam hati kita?

Pada saat itu, aku tengah menjalani tugasku sebagai pengurus OSIS untuk berangkat menuju Jawa Barat mengikuti sebuah pelatihan kepemimpinan OSIS seluruh Indonesia. Tak pernah terbayangkan di benakku bahwa aku diberi kesempatan untuk bisa bertemu dengan seluruh pengurus OSIS seluruh Indonesia. Yang paling berharga dan tak akan bisa dilupakan saat pelatihan itu adalah hati ini bergetar dan mata ini mengalirkan air mata ketika lagu Indonesia Raya itu dikumandangkan. Lagu yang sering dinyanyikan ketika upacara bendera tiap hari Senin di sekolah itu terasa amat berbeda. Dengan khidmat kami semua ikut menyanyikan lagu tersebut. More

Valentine’s Day

Valentine.. hemm, mungkin kata itu tidak asing lagi bagi anak muda sekarang ini. Siapa sih hari gini yang nggak tau apa itu valentine, payah deh kalo sampe gak tau, bukan anak gaul namanya, hehehe. Nah, biar kamu-kamu yang belum tau apa itu valentine, gue kasih tau deh biar kamu-kamu semua jadi anak gaul. Valentine itu hari kasih sayang, ssttt ini juga katanya sih hehehe.. Hari kasih sayang ini diperingati setiap tanggal 14 Februari. Cara buat ngerayainnya macem-macem, tapi yang paling sering itu ngasih coklat ke pasangan atau pacar kita masing-masing. Ada juga yang ngasih bunga atau ngabisin waktu seharian buat kencan sama sang pacar tercinta. Hiks jadi ngiri, secara gue gak punya pacar, haduh malah curhat nih hehehe. More

Extraordinary Day At The White Sand Beach In Yogyakarta

24 Oktober 05.00WIB,.Huft..bangun pagi lagi. Tapi aku bangun dengan penuh semangat! Kenapa??? Hohoho, karena aku sudah berencana pergi ke salah satu tempat yang katanya tempat terindah di Yogyakarta. Pengen tahu??? Baca dunk sampai selesai,,, hahaha. Sabar yak?!

`Berangkat dari rumah jam 09.00. Hari itu nggak sepanas 2 hari yang lalu. Yupz, Jogja 2 hari yang lalu panasnya minta ampun. Meskipun itu baru jam 9 pagi. Sepanjang perjalanan aku membayangkan seperti apakah tempat yang akan aku tuju itu. Hemm, kata banyak orang sih, tempat itu layaknya pantai di bali, berpasir putih dan ada batu karang yang besar nampak seperti tanah lot. Mungkin terdengar berlebihan, tapi karena penasaran akhirnya aku berangkat juga ke sana, kebetulan udah selesai UTS, jadi pas banget buat refreshing! Hahaha… let’s go!!!

Aku berangkat nggak sendiri, tapi sama temenku dan sekaligus tur guide, karena dia pernah ke tempat itu meski udah 2 tahun yang lalu. Perjalanan memakan waktu sekitar 2 jam. Dari rumah aku yang terletak di perbatasan Jogja-Jawa Tengah. Jadi kalau berangkat dari pusat kota mungkin hanya sekitar 1,5 jam atau bahkan kurang dari itu tergantung seberapa cepat laju kendaraan yang kita tumpangi. Perjalanan memang jauh, maka lebih baik membawa bekal secukupnya. Berangkat melewati jalan Magelang(karena  dari rumahku ke Jogja melewati jalan ini), sampai jombor belok kiri menuju arah Monjali. Pokoknya ntar sampai jalan Janti. Wah lupa juga ini aku nama jalannya yang lain hehehe. Wes lah aku kasih tahu aja. Arahnya ke daerah Wonosari,Gunung Kidul Handayani. Pasti udah pada tahu lah. Ya kan?! Kalau nggak tahu aku saranin bawa peta. Atau tanya sama Dora the explorer,^_^. More

JUST FOR YOU,..CIMODZ^_^

21 Oktober 1991,, seorang sahabatku lahir ke dunia ini. Dia yang cuek, baik, setia kawan dan sedikit egois, membuatku selalu merasa rindu untuk menghabiskan waktu dengan segala kegilaan yang terkadang konyol. Mungkin aku terlambat menyadari kehadirannya sebagai seorang teman dan sahabat yang benar-benar mengerti diriku. Padahal hampir 5 tahun aku mengenalnya. Tapi pada kenyataannya aku benar-benar merasa nyaman bersahabat dengannya ketika aku duduk di kelas 3 sma. Asal tahu saja sejak kelas 1 SMP hingga kelas 3 SMA aku sekelas dengannya. Hanya di kelas 2 aku berbeda kelas, aku XI IPA1 dan dia XI IPA2. Entah berawal dari mana aku dan dia bisa dekat. Tapi yang jelas jalan pikiran kami yang kadang sama membuat aku merasa cocok dan “betah” berteman dengannya. Setiap ungkapan isi hatiku sering ditanggapinya dengan santai, tanpa sadar dengan cara seperti itu membuatku nggak terbebani dengan masalah-masalah yang aku hadapi.
Semua memori indah kita tuh nggak bakal aku lupain., seperti saat kita melarikan diri dari…(kamu pasti tahu,hehe). Atau saat kita nekat menyelesaikan masalah teman kita tanpa sepengetahuannya dan pada akhirnya Cuma bikin kita emosi n capek doank.huft,.
Aku paling ingat disaat kami mempunyai masalah dengan salah seorang teman, aku dan dia saling menumpahkan rasa emosi via telepon hingga menghabiskan waktu hampir satu jam hanya marah-marah nggak jelas. Sampai kuping panas dan baterai hp pun habis. Haha,. Atau saat aku ke rumahnya bercerita mengenai seseorang yang kini mengisi ruang kosong dihatiku, dari mulutnya lah terlontar kata untuk mengawali hariku dengan seseorang disisiku. Dengan gaya khasnya yang santai, dia berkata,“wis tho yu jadian wae, daripada kowe dhewe trus” wkwkwkwk. Dan entah karena tersihir kata-katanya, beberapa hari kemudian, its happen.
Temand mungkin nggak ada kata-kata puitis yang bisa aku berikan. Mungkin nggak ada kado terindah yang kan selalu kau kenang. Tapi ku hanya bisa berikan ini buat kamu,.

HAPPY BIRTHDAY TO
MY BELOVED FRIEND,,,
NURUL HIDAYAH ‘CHIMODZ’,,.

Pesan buwad cimod::
Inget ya… umur dah bertambah, makin mawas diri n patuh ma ortu,. Jangan bantah or jadi pembangkang ya!!? Harus tambah dewasa,. Kurangi emosi,.selalu takutlah pada Alloh SWT,,.
N selalu SEMANGAT!!! ^_^

Nb: buat para pembaca yang kurang tahu nie,, nurul hidayah tuh salah satu pendiri sugengpinarak web blog juga lho,, temend seperjuangan dalam meraih tropi juara.,.,hehehe

 

SALAM SEMANGAT!!!
By the_Dhee

37,7 derajat????!!!!!!!!!…. OH MY GOD!!!!!!!!!

Dering alarm membangunkan aku pagi ini. tepat pukul 03.00 dini hari aku bersiap untuk belajar lagi. sudah dua hari ini aku menghadapi Ujian Tengah Semester yang bikin pening kepala. huft,, tapi tetap harus aku hadapi dengan semangat tinggi. hehe.

hawa sejuk masih menyelimuti Kota Jogja pagi ini. Beda dengan siang hari kemarin yang panasnya bukan maen,, rasanya sampai bikin kulit gosong(hehe lebay banget yak?!). jam 6.30 aku sudah siap untuk berangkat ke kampus biru., senyum sumringah masih tersungging kala itu. Namun begitu sampai Jalan Magelang,. heumb,, Mrengut ni mukaku. bayangkan saja baru jam segitu, matahari dah mulai tinggi, asap kendaraan tebalnya bukan maen, apalagi angkutan umum seperti bus JogTem(Jogja-Tempel) asapnya sungguh hitam. hoho,, jangan2 bahan bakarnya arang tuh bukan bensin, he.Peace!^_^. Meskipun diriku udah pakai masker, tetap saja rasa sesak itu muncul. haduwh,, gak tahan deh ama asapnya tuh. Apalagi jalanan padat dan banyak orang dalam keadaan terburu waktu, jangan heran deh kalau jam segitu waktunya nge”trek” bagi sebagian orang demi ketepatan waktu sampai tempat tujuan, tapi tentunya juga harus berhati2, inget kesempatan hidup cuma sekali!. Sampai kampus jam 7.15, tepat 15 menit sebelum ujian dimulai. Selesai UTS, aku berniat pulang. tapi ternyata ‘ujian’ku belum selesai!!!. hawhaw,, untuk menghadapi ujian mata kuliah masih ada solusinya, tapi untuk Ujian suhu panas siang ni??,, hohoho tunggu dulu dah. akhirnya ku urungkan niatku untuk pulang.

Solusi yang kudapat hanya 1… Ngenet aja yukz?!!! hehehe. selain ngadem di warnet, aku juga mau cari bahan laporan praktikum yang numpuk n cari2 informasi teraktual saat ni. Cari Info?? yupz,, that’s right! di jaman sekarang ni bukan saatnya lagi kita menjadi orang yang buta akan informasi di sekitar kita, selain nambah wawasan, bisa juga buat nambah kosakata lho!? itu kata pak dosen. hahaha. Karena penasaran dengan suhu kota Jogja yang akhir2 in panas banget, Iseng-iseng aku cari info itu di mbah Google. Dan tau apa yang aku dapat???

ini nih infonya….

“YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Stasiun Geofisika Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Yogyakarta mencatat suhu udara di kota ini, Senin (19/10) sekitar pukul 13.30, mencapai 37,7 derajat celsius. Ini merupakan suhu terpanas selama musim kemarau tahun ini.

Panasnya suhu udara siang memang sangat dirasakan masyarakat, terutama para pengguna jalan. “Embusan angin memang cukup kencang, namun di kulit terasa panas. Berdasar pengukuran pada termometer manual, suhu hari ini mencapai 37,7 derajat celsius,” ujar Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Geofisika Yogyakarta Tony A Wijaya.

Menurut Tony, kecenderungan suhu sudah mulai terjadi beberapa hari terakhir, tetapi baru naik secara drastis hari ini. Hari Minggu kemarin suhu siang hanya 33,7 derajat celsius, dan pada hari Sabtu hanya 31,4 derajat celsius. Sedangkan pada Minggu malam suhu terendah hanya 22,1 derajat celsius dan sehari sebelumnya 20 derajat celsius.

Meningkatnya suhu udara, lanjut Tony, disebabkan beberapa hal. Pertama, posisi matahari (gerak semu harian matahari) pada bulan Oktober ini tengah berada di atas Pulau Jawa. Kondisi ini menyebabkan intensitas penyinaran matahari menjadi tinggi, sedangkan pada saat bersamaan kondisi langit tengah bersih dari awan sehingga tak ada benda yang menghalangi cahaya.

Stasiun Geofisika memerkirakan kondisi ini akan kembali normal akhir Oktober seiring datangnya musim hujan. “Namun, masyarakat masih harus mewaspadai potensi angin kencang. Senin pagi ini, sejumlah daerah di Kabupaten Sleman dikabarkan terkena angin kencang mendatar, bukan puting beliung,” kata Tony.”

dikutip dari: http://regional.kompas.com/read/xml/2009/10/19/16383353/duh.panasnya.jogja.hari.ini….377.derajat.celcius.

woho,, Pantas saja rasanya panas banget,, 37,7 derajat!!!. Jadi buat warga Jogja yang mau bepergian di siang hari ada beberapa tips yang aku tawarkan:

1. pakai sun-block biar kulit tidak mudah terbakar sinar matahari.
2. memakai baju/jaket yang berlengan panjang, lebih baik jangan terlalu tebal karena akan terasa sangat panas.
3. untuk telapak tangan lebih baik memakai sarung tangan dan jangan terlalu tebal agar tidak terasa panas.
4. menghindari pergi di siang hari ^_^
Dan yang terakhir,, bagi yang mempunyai mobil, berbagilah kepada para pengendara sepeda motor, agar tidak merasa kepanasan dan nyaman dengan AC di dalam mobil,,hehehe.(just kidding!).

SALAM SEMANGAT!!!!!! ^_^
by the_Dhee

pilihan,,

terkadang dalam pilihan itu suatu kepastian…

hal yang pasti adalah kita akan tua…dan suatu pilihan itu adalah kedewasaan…

dari kedewasaan masa tua itu seakan buah ranum yang kita petik dari siraman tantangan hidup atas kedewasaan yang kita pilih.dari pilihan itu kita akan menemukan sebuah kepemimpinan,bukan akan diktator..tapi pemimpin akan diri kita sendiri yang mampu mempengaruhi orang lain untuk bersama mencari makna hidup..

Previous Older Entries